Dorong Capaian Target Kunjung Wisman ke Bali, Menparekraf Upayakan Tak Ada Kenaikan Pajak di Sektor Spa

Sugeng rawuh Cannon Ball Project di Website Kami!

UBUD – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berharap sektor spa dapat membantu meningkatkan target jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bali. Dorong Capaian Target Kunjung Wisman ke Bali, Menparekraf Upayakan Tak Ada Kenaikan Pajak di Sektor Spa

Hal tersebut disampaikan Sandiaga saat Seminar Nasional Spa dengan topik Implementasi UU 1 Tahun 2022 dan Dampaknya Bagi Pelaku Usaha Spa di Royal Pita Maha, Ubud, Bali, Rabu (31/1/2024). 7 Potret Titi Kamal dan Christian Sugiono Liburan ke Al Ula Usai Jalani Umrah

Menparekraf mengatakan pemerintah berkomitmen mendukung pengembangan industri spa, salah satunya dengan menciptakan kebijakan yang dapat mempercepat pengembangan sektor pariwisata dan kreatif Bali. Berbagai kebijakan lain juga diharapkan dapat meningkatkan pencapaian sasaran jumlah kunjungan wisman pada tahun 2024. Hal ini juga diharapkan dapat mencapai terciptanya 4,4 juta lapangan kerja di sektor pariwisata dan kreatif pada tahun 2024.

“Kami mengambil langkah-langkah untuk menghadirkan pariwisata Bali yang berkualitas dan berkelanjutan,” kata Sandiaga.

Dalam acara tersebut, Sandiaga juga menyampaikan dukungannya terhadap peninjauan kembali pemberlakuan pajak sebesar 40 hingga 75 persen pada industri spa. Ia menjelaskan, spa hingga kini menjadi bagian dari bisnis pariwisata.

Hal ini tertuang dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Pariwisata Bab VI Pasal 14 Ayat 1 Huruf M yang menyebutkan bahwa spa merupakan usaha pariwisata. Selain itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah memiliki Peraturan 4 Tahun 2021 tentang syarat-syarat kegiatan usaha dalam pelaksanaan izin usaha berdasarkan risiko di bidang pariwisata.

Sandiaga juga menjelaskan, pedoman pelayanan kesehatan spa tertuang dalam UU Menteri Kesehatan 8 Tahun 2014.

“Hal ini dikembangkan dalam kendali Menteri Kesehatan dan kendali Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan akan diperkuat dengan uji materi di Mahkamah MK (Mahkamah Konstitusi). Kita tunggu sistem hukumnya,” kata Menparekraf. Dorong Capaian Target Kunjung Wisman ke Bali, Menparekraf Upayakan Tak Ada Kenaikan Pajak di Sektor Spa

Sandiaga akan terus berupaya agar tarif pajak hiburan di industri spa tidak naik dari 40 menjadi 75 persen, karena pembagian yang disampaikan para pelaku industri spa adalah spa tidak termasuk dalam industri hiburan.

“Selagi menunggu proses hukumnya, tidak ada peningkatan beban pajak bagi industri spa, serta industri hiburan lainnya,” ujarnya.